Searching...
Berita Terbaru :
Senin, 08 April 2013

KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE) Pada Permainan Framer Solution

21.57

Aplikasi Kecerdasan buatan ini bernama Framer Solution. Aplikasi permainan ini cara memainkannya cukup mudah. Caranya dengan mencari jalan keluar seorang Farmer yaitu Petani. Yang memiliki perahu, kambing, serigala dan sayuran. Petani tersebut ingin membawa muatan tersebut untuk menyeberang ke Pulau B. Karena posisi petani bermula di pulau A dan ingin menyeberang ke Pulau B. Sedangkan pada permainan ini memiliki aturan yang tidak begitu saja dapat menyeberangkan dalam sekali muatan saja.Aturannya sebagai berikut:      Petani hanya bisa membawa 1 muatan saja. Misal petani bersama sayuran..      Jangan satungan Objek yang dapat saling memakan.Misal Kambing dengan sayuran hal tersebut tidak berlaku karena kambing dapat memakan sayur.3.      Serigala dengan kambing. Jika disatukan dalam satu perahu atau satu tempat serigala dapat memakan kambing.            Permasalahannya, bagaiman menyelesaikan masalah Petani dengan membantu menyeberangkan bawaannya melalui sungai dengan keadaan selamat dan barang bawaan utuh sampai ke Pulau B.Tool dalam aplikasi ini yang harus dijalankan yaitu :

Kambing menyeberang
Serigala menyeberang
Sayuran menyeberang
Kambing kembali
Serigala kembali
Sayur kembali
Perahu kembali
Seperti pada gambar dibawah ini












3.Cara Menjalankan          
 Cara menjalankan aplikasi Framer Solution  cukup dengan menjalankan file .exe dari Framer Solution.            Tunggu beberapa saat maka aplikasi akan terbuka. Jalankan permainan dengan perintah yang sudah ada. Cukup meng-klik nomor permainan pada Framer Solution. Dan waktunya mencari solusi untuk mnyelesaikan permainan Framer Solution. Pada saat menjalankan apllikasi ini akan terlihat dalam penggunaan pemikiran masing-masing. Karena permaina ini membutuh kan trik-trik yang tidak terpikirkan sebelumnya.Ingat aturan yang sudah ada. Jangan satukan objek yang dapat saling memakan. Selesaikan permainan dengan aturan yang ada. Permaianan ini akan membututhkan waktu dan pikiran tergantung si pemain. Jika dapat memahami aturan yang sudah ada maka akan membutuhkan waktu yang sedikit untuk menyelesaikannya. Tapi jika tidak memperhatikan aturan permainan yang sudah tertera sebelumnya maka akan membutuhkan waktu yang cukup lama bahkan mungkin akan mengulang-ngulang nomor yang akan di klik dan tentunya tidak menemukan jalan keluar bagi si petani.
Jika si pemain mungkin tidak menemukan jawaban dalam solusi Framer Solution yang dijalankan maka aplikasi ini memberikan solusi dalam menyelesaikan problem tersebut. Caranya dengan meng-klik menu “ SOLUSI” pada frame sebelah kanan atas. Urutan-urutan dalam menyelesaiakan masalah Framer Solution akan ditampilakan.
 4. Aplikasi Menu-menu yang tersedia dalam aplikasi ini adalah menu utama.
a.Menu permaianan          
Menu permainan ini digunakan untuk menentukan muatan mana yang akan diberangkatakan dahulu dengan ketentuan yang sudah berlalu sebagai aturan permainan.
b.Menu Output          
Menu Outpur adalah menu dimana hasil dari menu permainan yang sudah dipilih pada angka-angka yang digunakan untuk muatan yang diberangkatkan dengan tampil pada output sehingga dapat digunakan sebagai acuan untuk memikurkan muatan yang akan diberangkatkan selanjutnya
c.Menu Solusi          
Menu solusi merupakan menu yang diberikan untuk pengguna yang tidak dapat menyelesaikan permasalahan Framer Solution. Sehingga diberikan menu “ SOLUSI” yang berisi urutan jawaban tentang solusi permaianan tersebut.            
Jika permainan dijalankan misal dimulai dengan pemilihan angka satu, di klik maka outputnya seperti pada gambar berikut. Dalam gambar tersebut jika permaianan dimulai dengan meng-klik angka satu maka dapat dilihat pada kolom meu output nya akan juga berubah sesuai dengan perintah yang dijalankan pengguna aplikasi dan lanjutakan permainan untuk menyelesaikannya.
5.        Fungsi
            Fungsi dari permainan Framer Solution ini merupakan permainan untuk melatih otak dalam mengatur strategi yang baik dalam penyelesaian masalah. Fungsi dari aplikasi framer bertujuan untuk pengetesan IQ pada siswa maupun pengguna aplikasi ini.

Memberi kesempatan pada pengguna aplikasi untuk menggunakan jalan pikirannya pada aplikasi yang sangat sederhana tetapi membutuhkan taktik yang dibutuhkan untuk pemecahan masalah. Tidak seperti permainan game lain yang hanya ditujukan untuk memenangkan permainan tertentu dengan aturan yang sudah ada. Fungsinya juga menentukan sejauh mana pengguna dapat menyeselsaikan permainan dengan waktu nya sendiri. Untuk mentransformasikan pikiran yang kondisinya tidak stabil, menjadi mau berfikir dengan permainan yang kelihatan mudah dan gampang, dan juga dapat dijadikan sebagai bahan pendidikan dalam hal permainan.

 6.        Kegunaan

            Guna dari aplikasi permainan Framer Solution ini memiliki peran dalam pemberdayaan masyarakat lewat AI (ARTIFICIAL INTELLIGENCE) khususnya bidang pendidikan dan pembelajaran edukatif melalui permainan. Disamping itu kegunaan dari aplikasi ini digunakan untuk pengembangan aplikasi-aplikasi yang akan datang yang memiliki kecerdasan buatan yang lebih canggih lagi. Dalam permainan ini ditanamkan program yang memiliki pemilihan keputusan yang sudah diberi dalam perintah source coding. Yang memiliki tugas sebagai alur dalam permainan Framer Solution. Sehingga permainan memiliki alur yang dapat diikuti oleh pengguna. Selain itu kegunaan lain dari aplikasi ini adalah sebagai tolak ukur dalam bidang perkembangan ilmu tekhnologi dalam bidang AI yang dalam proses perkembangan aplikasi kecerdasan buatan yang semakin berkembang dalam segala bidang tidak hanya dalam bidang pendidikan tetapi juga pertanian. Kesehatan, ekonomi, maupun kemanan dan pertahan yang digunakan dalam negara.

 7.        Alat

Aplikasi yang digunakan untuk membuat Framer Solution:

1.      Aplikasi Netbeans

2.      Bahasa pemrogramannya adalah Java.

8.        Kekurangan

            Dalam hal ini aplikasi Framer Solution juga memiliki kekurangan yang bisa digunakan untuk cerminan aplikasi yang akan  dibangun  untuk permainan permainan lainnya.

1.      Tampilan yang kurang atraktif.

2.      Penggunaan gambar yang kurang.

3.      Hanya terdapat 1 permainan saja.

4.      Tidak terdapatnya menu help. Bagi pengguna yang ingin menggunakan aplikasi ini.

9.        Kelebihan

            Untuk kelebihan aplikasi Framer Solution ini merupakan aplikasi yang dibuat sendiri oleh mahasiswa. Dan dapat didownload dan digunakan dengan free. Di dalam web nya juga terdapat source code bagi programmer yang ingin mengembangkan aplikasi yang ingin menggunakan solusi Framer Solution tersebut. Kelebihannya juga mudah digunakan, simpel, dan menyenangkan. Dapat digunakan untuk pembelajaran siswa siswi yang berada di tinggkat menengah maupun pengguna yang ingin mengetes kemampuan berfikir simpel. Karena aplikasi ini dibuat terlihat sulit tetapi solusi keluarannya yang mudah.

Daftar Pustaka

http://dimas347.wordpress.com/2009/10/26/kecerdasan-buatan-artificial-intelligence/

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan kata-kata yang beradab..