Searching...
Berita Terbaru :
Selasa, 02 Oktober 2012

Mengenal Pascal

20.54



PERKEMBANGAN PASCAL

Pascal adalah bahasa tingkat tinggi (high level language) yang orientasnya pada segala tujuan, dirancang oleh professor Niklaus Wirth dari technical university di Zurich, switzerland, nama pascal diambil sebagai pengharagaan terhadap Bleise Pascal, ahli matematika dan philosophi terkenal abad 17 dari Perancis.
Professor Niklaus Writh memperkenalkan compiler bahasa pascal pertama kali untuk computer CDC 6000 (control data corporation) yang dipublikasikan pada tahun 1971 dengan tujan untk membantu mengajar program computer secara sitematis, khususnya untu memperkenalkan pemrogramn yang terstruktur (structured programming). Jadi pascal adalah bahasa yang ditujukan unuk membuat program terstruktur.
Dalam waktu yang singkat, pascal telah menjadi bahasa yang popular dikalangan pelajar unversitas dan merupakan bahasa yang diajarkan di beberapa perguruan tinggi. Beberapa progesional computer juga mulai beralih ke bahasa pascal. Kenyataannya, pascal merupakan bahasa yang paling cepat popular dibandingkan dengan bahasa-bahasa computer tingkat tinggi lainnya.
Strndar pascal adalah bahasa pascal yang didefinisikan oleh k.jensen dan nilaus writh. Penerapan nyata dari standar pascal banyak yang berbeda seperti apa yang  telah didefinisikan oleh k.jensen dannilaus writh. Standar pascal di eropa didefinisikan oleh iso (international standars organization) dan di amerika oleh kerjasama antara ansi (america natinal standard instititute) dengan ieee (institute of electrical and electronic engineers).
Beberapa versi dari pascal telah beredar di pasaran, diantaranya ucsd pascal (university of californisa at san diego pascal), ms-pascal (microsoft-pascal), apple pascal, turbo pascal dan lain sebagainya. Sampai saat ini untuk komputer-komputer mikro dan personal, turbo pascal merupakan versi bahasa pascal yang paling populer dan banyak digunakan kompler turbo bascal banyak digemari, karena terutama bersifat interaktip, seperti intepreter saja layaknya. Selain itu turbo pascal mengikuti difinisi dari standar pascal seperti yang didefinisikan oleh k.jansen dan nilaus wirth di pasca user manual dan report. Turbo pascal adalah cpyrihgt oleh borland.inc dan dapat digunaan pada sistem operasi pc-dms, ms0dos,cpm-86 dan cp/m-80. buku ini menggunaan turbo pascal versi 5.0.

1 komentar:

Berkomentarlah dengan kata-kata yang beradab..